S3 Pendidikan Ekonomi dan Bisnis
Published on S3 Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (https://peb.feb.uny.ac.id)

Home > Kurikulum Program Studi

Kurikulum Program Studi

Profil Lulusan
 
Berdasarkan tahapan proses di atas kemudian dirumuskan visi, misi, tujuan, dan strategi. Selanjutnya mengacu pada hasil kajian keunikan dan profil lulusan program studi sejenis, serta selaras dengan visi, misi, dan tujuan PSDPEB maka profil lulusan yang dihasilkan dan kemampuan yang harus dimiliki adalah:
No
Profil
Kemampuan yang harus dimiliki
1
Pendidik Ekonomi dan Bisnis
Mampu mengembangkan ilmu dan teknologi dalam bidang pendidikan ekonomi dan bisnis yang berciri ke-Indonesiaan dan ekonomi kerakyatan. 
2
Konsultan Pendidikan Ekonomi dan Bisnis
Mampu memberikan pertimbangan dan rekomendasi dalam pemecahan permasalahan di bidang Pendidikan Ekonomi, Bisnis, UMKM, dan Koperasi.
3
Peneliti Pendidikan Ekonomi dan Bisnis
Mampu melakukan penelitian dan menghasilkan luaran yang memiliki kontribusi nyata dalam bidang pendidikan ekonomi dan bisnis.
 
(6) rumusan capaian pembelajaran lulusan (CPL), 
Program Studi Pendidikan Ekonomi dan Bisnis FEB UNY. 
Capaian kompetensi lulusan Prodi Doktor Pendidikan Ekonomi dan Bisnis difokuskan pada kemampuan:
  1. Merancang dan mengimplementasikan model pembelajaran dalam rangka pengembangan pendidikan ekonomi dan bisnis berbasis ekonomi kerakyatan dan kewirausahaan; 
  2. Membangun jejaring kerja sama  dalam bidang pendidikan ekonomi dan bisnis melalui berbagai media dengan memanfaatkan TIK; 
  3. Berinovasi di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara berkelanjutan.
No
Capaian Pembelajaran
Sumber Acuan
I
Aspek Sikap
 
 
  1. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik serta menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan ekonomi dan bisnis secara mandiri.
Lampiran Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
 
  1. Menginternalisasi semangat kerakyatan, kejuangan, dan Kewirausahaan.
II
Aspek Pengetahuan
 
 
  1. Menguasai filsafat ilmu ekonomi dan teori pendidikan sebagai dasar pengembangan dan implementasi pendidikan ekonomi dan bisnis.
Rumusan Capaian Pembelajaran 
 
  1. Menguasai hakikat dan wawasan pendidikan ekonomi dan bisnis pada berbagai jenjang dan jalur pendidikan yang berpihak pada ekonomi kerakyatan.
 
  1. Menguasai metodologi riset dan publikasi bidang pendidikan ekonomi dan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi; 
 
  1. Menguasai berbagai pendekatan, metode, strategi pembelajaran dan evaluasi pendidikan ekonomi dan bisnis untuk menghasilkan karya inovatif berkelanjutan.
 
  1. Memiliki pemahaman tentang kepemimpinan berbasis wawasan global dan nilai kearifan lokal.
III
Aspek Keterampilan Umum
 
 
  1. Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru, menciptakan, dan memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora di bidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah. 
Lampiran Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
 
  1. Mampu melaksanakan penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoretis dan/atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.
 
  1. Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerja sama dengan komunitas peneliti di luar lembaga.
IV
Aspek Keterampilan Khusus
 
 
  1. Mampu merancang dan mengimplementasikan model pembelajaran dalam rangka pengembangan pendidikan ekonomi dan bisnis yang berbasis pada ekonomi kerakyatan dan kewirausahaan.
Rumusan Capaian Pembelajaran 
 
  1. Mampu mengembangkan konsep, kebijakan holistik dan implementasi pendidikan berbasis ekonomi kerakyatan dan kewirausahaan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun jejaring kerja sama lokal, nasional maupun internasional dalam konteks penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.
 
Struktur Mata Kuliah
Struktur Kurikulum by Course
 
Kode dan Nama Matakuliah
Sks
Semester
1
2
3
4
5
6
A.
Matakuliah Dasar Keilmuan & Pendidikan
 
 
 
 
 
 
 
1.
MDK9201
Filsafat Ilmu
2
2
–
–
–
–
–
 
 
Jumlah Sks
2
2
0
0
0
0
0
B.
Matakuliah Keahlian
 
 
 
 
 
 
 
1
PEK9201
Kajian Ekonomi Kreatif dan Kewirausahaan
2
2
–
–
–
–
–
2
PEK9202
Kajian Ekonomi Mikro 
2
2
–
–
–
–
–
3
PEK9203
Kajian Ekonomi Makro 
2
2
–
–
–
–
–
4
PEK9204
Kajian Ekonomi Kerakyatan
2
2
–
–
–
–
–
 
 
Jumlah Sks
8
8
0
0
0
0
0
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
C.
Matakuliah Disertasi
 
 
 
 
 
 
 
1
PEK9305
Desain Penelitian 
3
3
–
–
–
–
–
2
PEK9206
Analisis & Penulisan Artikel Jurnal
2
2
–
–
-
–
–
3
PEK9127
Disertasi
12
–
–
–
12
–
–
 
 
  Jumlah Sks
17
5
0
0
12
0
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
E
Mata Kuliah Konsentrasi
 
 
 
 
 
 
 
 
Pendidikan Administrasi Perkantoran
 
 
 
 
 
 
 
1
PEK9308
Seminar Doktoral Pendidikan Administrasi
3
 
 
3
 
 
 
2
PEK9310
Kajian Sistem Informasi Administrasi
3
 
3
 
 
 
 
3
PEK9311
Pengembangan dan Pengelolaan Pembelajaran Administrasi
3
 
3
 
 
 
 
 
 
  Jumlah Sks
9
0
6
3
0
0
0
 
Pendidikan  Akuntansi
 
 
 
 
 
 
 
1
PEK9312
Seminar Doktoral Pendidikan Akuntansi
3
 
 
3
 
 
 
2
PEK9313
Akuntansi Keuangan
3
 
3
 
 
 
 
3
PEK9314
Pengembangan dan Pengelolaan Pembelajaran Akuntansi
3
 
3
 
 
 
 
 
 
  Jumlah Sks
9
0
6
3
0
0
0
 
Pendidikan Ekonomi
 
 
 
 
 
 
 
1
PEK9315
Seminar Doktoral Pendidikan Ekonomi
3
 
 
3
 
 
 
2
PEK9316
Kajian Ekonomi Pembangunan
3
 
3
 
 
 
 
3
PEK9317
Pengembangan dan Pengelolaan Pembelajaran Ekonomi
3
 
3
 
 
 
 
 
 
  Jumlah Sks
9
0
6
3
0
0
0
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Matakuliah Pilihan*)
 
 
 
 
 
 
 
1
PEK9318
Literasi Ekonomi Digital
3
 
3
 
 
 
 
2
PEK9319
Big Data
3
 
3
 
 
 
 
3
PEK9320
Kajian Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan
3
 
3
 
 
 
 
 
 
  Jumlah Sks
9
0
9
0
0
0
0
 
 
Total Sks
45
15
15
3
12
0
0
 
Struktur Kurikulum by Research
No
Kode
Nama Mata Kuliah
sks
Semester/sks
Tagihan Kelulusan
1
2
3
4
5
1
DOK 90401
Pra Proposal Disertasi
4
4
 
 
 
 
Draft lengkap Proposal Disertasi
2
DOK 90402
Studi Pendahuluan
4
4
 
 
 
 
Artikel accepted minimal pada jurnal Sinta 2, prosiding seminar internasional terindeks, atau jurnal internasional terindeks
3
DOK 90403
Proposal Disertasi
4
 
4
 
 
 
Lulus ujian
4
DOK 90404
Projek Mandiri1)
4
 
4
 
 
 
Artikel accepted pada seminar internasional terindeks, jurnal terindeks Sinta 2, jurnal internasional, atau terdaftar Paten
5
DOK 90605
Pengumpulan Data dan Analisis Data
6
 
 
6
 
 
a. Data disertasi terkumpul
b. Artikel accepted di Jurnal internasional bereputasi minimal Scopus Q3 atau web of science
6
DOK 90406
Seminar Hasil Disertasi
4
 
 
 
4
 
Naskah disertasi disetujui
7
DOK 90407
Publikasi Internasional Hasil Riset
4
 
 
 
4
 
Artikel accepted di Jurnal internasional bereputasi terindeks web of science atau terindeks scopus (minimal 1 Scopus Q2, 2 Scopus Q3, atau 3 Scopus Q4)
8
DOK 91208
Disertasi2)
 
12
 
 
 
 
 
 
 
 
 
12
 
Lulus Disertasi
 
 
 
Jumlah sks
42
8
8
6
8
12
 

Source URL:https://peb.feb.uny.ac.id/kurikulum-program-studi